Sunday, May 15, 2016

KENALI JATI DIRI

Siang ini aku mau menulis setelah tadi tidur se-pagian soalnya badan rasanya kurang enak, setelah jalan pagi 40 menit. Lantas Penulis  minum obat Inza, jadi ketiduran pules. Badan kita memang perlu istirahat, karena jika kurang  maka stamina turun dan penyakit masuk. Maka kita harus hidup seimbang dan harus ada kegiatan supaya tidak malas. 
Menulis terasa merupakan sebuah seni karya sendiri dan asyik banget,  jika sedang mengisi Blog. Rasanya seperti sedang berjalan-jalan berkelana mengarungi pikiran dan perasaan  terbawa hanyut bersama tulisan. Ada penulis novel yang suka mengarang cerita Novel. Mungkin ada tokoh yang diimajinasikan, yang dibawa sebagai karakter "menonjol" di cerita Novel. Kalau Penulis Blog ini,  lebih sering cerita pengalaman perjalanan kehidupan. Tema dari Blog ini adalah Experimental. 
Guna bergairah menulis dan bisa sambung rasa dengan pemirsa dunia maya, kita membawa  tema  menarik yang dirasakan atau ingin dirasakan bersama, yaitu pengalaman bereksperimen dalam kehidupan. Tentunya kawan-kawan seringkali punya pengalaman menarik  di kehidupan ini. Ada kalanya kita harus memberanikan diri  bereksperimen keluar dari "Kotak Rutinitas" keseharian kita, baik dikantor maupun dirumah,  dimasyarakat atau lingkungan bergaul.
Misalnya, seringkali tertanam orang  berkarya adalah kerja kantoran padahal banyak orang kita temukan berkarya tanpa kantoran.
Ada type orang, yang dapat  meng-Optimalkan berkarya dalam  suasana "Media Ruang Alam" yang Terbuka misalnya pemandangan yang luas di tepi Pantai,   memperhatikan dan mendengarkan deburan "Ombak" serta tiupan angin sepoi-sepoi. Suasana ini membuatnya lebih santai dari ketegangan,  sehingga bisa melahirkan inspirasi dan  ide  yang brilyan untuk berkarya atau malah keenakan sampai ngantuk dan tertidur...hehehe... . 
Oh ya, coba sekali-kali keluar jalan sore hari terlepas dari Ruang Kotak Rumah dan melihat pepohonan serta melihat langit suasana sore, kita dapat merasakan suasana Sore yang sejuk.  Memang kehidupan  "harus seimbang". Jika diluar Ruangan terus menerus, tentunya kalau di Siang Hari kepanasan. Kalau anginnya kencang,  apalagi hujan, kita butuh ruangan untuk berteduh.
Itulah sebabnya kita butuh Rumah untuk berteduh. Nah, kawan-kawan,  cara hidup dan gaya hidup masing-masing individual berbeda satu dan lainnya.  Yang penting kita harus pandai mencari suasana yang membuat tidak  terkekang atau sumpek. Maka kembali kepada kita masing-nasing  suasana apa yang kita inginkan satu saat dalam tahapan kehidupan kita ini.
 Hal yang tidak kalah pentingnya,  kita harus mengenali termasuk type model apa kita ini. Ibaratnya seperti tanaman berbeda bentuk daun, cabang maupun besar pohonnya. Masing-masing berfungsi, bermanfaat sesuai spesis jenisnya. Kalau pohon besar pohon, seperti pohon beringin,  membuat Teduh bagi orang yang lewat mencari tempat teduh. Tanaman rumput bermanfaat bagi orang yang ingin duduk-duduk dengan santai di Cibodas. Pohon Kelapa membuat orang ingin memetik Kelapanya agar kita bisa minum Kelapa Hijau yang segar. 
Dengan demikian kita  harus mengenali Jati Diri kita,  baru setelah pengenalan itu, kita dapat melakukan fungsi tugas dan misi kita, sesuai Jati diri yang kita temukan dan identifikasi dirinya. 
Sekian dahulu sharing kita sore ini . Wassalam
Jakarta 15 Mei 2016
Agung Supomo Suleiman