Wednesday, May 31, 2017

Pengalaman Mendaftar Layanan Gratis TJ Card

Alhamdulillah aku tadi pagi sudah mendaftar Pendaftaran Layanan Gratis menggunakan TJ Card yang diselenggarakan tanggal 8 - 31 Mei 2017
  Sebenarnya kemarin Penulis sudah berusaha mendaftar lewat Halte Harmoni,  namun ternyata lebih kurang jam 3.20 siang Penulis tiba di Halte Harmoni, ternyata formulirnya sudah habis dan hanya dibatasi hingga 40 Formulir, padahal Penulis sudah berangkat dari Blok M naik Busway berangkat lebih kurang jam 14.30 dan sampai di Halte Harmoni lebih kurang jam 15.20-an.
Berdasarkan pengalaman ini, maka ke- esokan harinya,  yaitu hari ini Tanggal 31 Mei 2017, Penulis berangkat pagi hari naik Grab ke Halte Pertanian dan naik Busway ke Halte Ragunan dan Alhamdulillah sampai jam 7.15 pagi. 
Di Halte Ragunan sudah ada lebih kurang 4 (empat) orang yang juga berniat untuk mendaftar Kartu Layanan Gratis, dimana beberapa diantara mereka juga cerita pengalaman yang sama,  dimana kemarin sudah ngatri panjang,  namun tidak memperoleh Formulir Pendaftaran karena dibatasi hanya hingga 40 Formulir juga.   

Berdasarkan pengalaman masing-masing calon pendaftar ini, maka disebabkan menurut Petugas di Halte Ragunan,  meja untuk mendaftar baru buka jam 9.00 pagi, sedangkan formulir tidak dapat diambil,  maka salah satu peserta Calon Pendaftar yaitu seorang Ibu berinisiatif untuk meminta kepada Petugas dan telah diizinkan oleh Petugas Halte untuk menggunakan  kertas rol panjang yang tersedia di Loket,  untuk menuliskan Daftar atau List nomer sarta nama Calon Pendaftar Kartu Layanan Gratis, dimana pada akhirnya kami bersama-sama  setuju untuk memberi List Nomer serta Nama calon Pendaftar Kartu Layanan Gratis tersebut, dan  Petugas di Halte Ragunan telah setuju dengan baik atas pembuatan List Nomer dan Nama dari Pendaftar, untuk menggantikan Nomer;  
Alhamdulillah Penulis mencatatkan diri dalam Rol Panjang tersebut sebagai Pendaftar di Rol List tersebut dengan Nomer Urut 5, karena memang masih pagi hari jam 7.15-an sebelum Jam 9.00 pagi. Maka  Syukur Alhamdulillah semua calon Pendaftar yang lain sesuai dengan instruksi Petugas Halte Ragunan akan  mengisi Nomer Daftar Kehadiran serta Nama mereka masing-masing di Rol Panjang Daftar List tersebut.  

Begitu jam 9.00 pagi hari ini Tanggal 31 Mei 2017, sebagai Tanggal Terakhir Pendaftaran Layanan Gratis,  dimulailah, secara resmi Pendaftaran yang dilakukan oleh 2 Petugas Halte Ragunan untuk memanggil Nama-nama Calon Pendaftar Layanan Gratis, dengan menggunakan  2 (Dua) Meja Pendaftaran yang diletakan sebelah Loket Halte Ragunan. Disebabkan urutan nomer Penulis adalah No.5,  maka Syukur Alhamdulillah, Penulis dapat segera melakukan Pendaftaran Resmi Kartu Pelayanan Gratis hari ini Jam 9 Pagi tanggal 31 Mei 2017, setelah menunggu lebih kurang 2 (dua) Jam semenjak jam 7.15 pagi.  Sesuai dengan Pengumuman yang terpampang di setiap Halte Busway, maka kami  menyerahkan Photocopy KTP kita serta Pas Foto ukuran 4 x 6 sebanyak 2 buah, kepada 2 Petugas di Halte Bausway Ragunan yang dengan baik mencatatkan nama kami kedalam Formulir, sesuai dengan panggilan Urutan Nomer dan Nama yang terdapat di Rol Panjang tersebut. 
Salah satu peserta Pendaftar yang bersama kita, ternyata ukuran Fotonya kecil, sehingga Calon Pendaftar tersebut harus terlebih dahulu memperbesar Pas Foto menjadi 4 x 6,   guna memenuhi persyaratan untuk mendaftar Kartu Layan Gratis. Mudah-mudah kawan yang baik dan ramah tersebut, dapat segera menyelesaikan Pas Photonya tersebut, agar bisa segera mendaftar, dimana kita sudah memberi tahukan kepada Petugas bahwa salah satu Pendaftar dengan urutan awal yang namanya sudah tercatat, sedang mengurus memperbesar Pas Photonya tersebut.
Seru juga pengalaman suka duka menunggu dari jam 7.15 Pagi hari ini di Halte Ragunan, hingga Jam 9.00 pagi,  dimana banyak cerita dari rekan-rekan, yang  sambil menunggu, dan  salah  satu yang senang bercerita telah berusia lebih kurang 82 Tahun namun Phisiknya masih sehat dan segar, dan beliau senang bercerita banyak  pengalamannya yang menarik sewaktu masih umur 12 tahun di zaman Penjajahan Jepang. Rekan ini mendapatkan nomor urut Nomer 1 di Daftar List Nomer dan Nama yang disusun diatas dan diterima oleh Petugas Halte Ragunan sebagai Urutan Resmi yang disepakati untuk digunakan melakukan Pendaftaran Kartu Layanan Gratis tersebut. 
Yah, beginilah cerita ringkas ketertarikan kita untuk menggunakan Busway yang tersedia di Jakarta yang menurut hemat Penulis terasa nyaman dan bersih dengan menggunakan AC, sehingga rasanya jika kita didalam Busway,  seperti sedang berada diluar negeri misalnya Singapura. Penulis salut dengan Petugas pagi hari ini di Halte Ragunan  - Busway, yang telah cekatan mengkoordinir dan melakukan kerjasama dengan baik kepada Para Pendaftar Kartu Layanan Gratis pagi ini tanggal 31 Mei 2017 dan telah sepakat menerima inisiatif pendaftar awal yang membuat Daftar List Rol Panjang, menginggat pengalaman kemarin yang belum berhasil mendaftarkan diri karena Formulirnya kemarin terbatas.   
Memang jika kita telah berusia senja, terasa membutuhkan adanya Pelayanan Kartu Gratis, sehingga kami bisa menikmati Jakarta yang sudah penuh sesak dengan kemacetan lalu lintas, menggunakan Busway TransJakarta yang bebas hambatan untuk membantu terciptanya kenyamanan Fasilitas Transportasi Publik. Semoga

Jakarta, 31 May 2017
Agung Supomo Suleiman